Rabu, 17 Juli 2019

Biaya Lain-Lain pada Kartu Kredit CIMB Niaga





Sama dengan bank lain, memiliki kartu kredit dari bank CIMB Niaga tak terlepas dari beban biaya yang dikenakan oleh pihak bank. Selain pengenaan beban bunga, Anda juga berkewajiban untuk membayar biaya lain-lain pada kartu kredit CIMB Niaga sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh pihak bank.
Saat Anda memutuskan untuk memiliki dan menggunakan kartu kredit, perlu diperhatikan pula situasi yang akan mendorong keluarnya biaya tambahan ini. Biaya yang dikenakan bervariasi, dilihat dari segi mana Anda menggunakannya.

Biaya lain yang dikenakan pada Kartu Kredit CIMB Niaga
Apapun jenis kartu kredit akan dikenakan biaya bunga sesuai dengan beban tagihan penggunaannya. Perhitungan biaya bunga ini akan muncul pada bulan berikutnya saat Anda menerima tagihan. Persentase bunga untuk semua jenis kartu kredit adalah sebesar 2.25% wajib dibayar sesuai dengan cicilan tenor yang diambil.
Biaya lain pun bisa muncul tanpa terduga sebagai tambahan selain bunga yang sudah pasti akan dibebankan. Untuk mengetahui apa saja biaya-biaya tersebut, berikut uraian singkatnya.

1. Biaya Iuran Tahunan
Sebagian jenis kartu kredit di bank CIMB Niaga memang membebaskan biaya ini seumur hidup. Namun, sisanya mewajibkan pembayaran iuran tahunan setelah 2 tahun biaya gratis tersebut berakhir.
Khusus bagi yang tidak dibebaskan pembayaran iuran tahunan ini dibedakan berdasarkan dengan penerbitan kartu baru dan tambahan. Untuk pembuatan kartu kredit baru, biaya iuran yang harus dibayar berkisar 125 ribu - 3 juta rupiah.
Sementara untuk kartu tambahan dikenakan biaya 75 ribu - 1,5 juta rupiah. Biaya ini didasarkan pada jenis dan fitur setiap kartu.

2. Biaya Pembayaran
Gratis biaya pembayaran bagi Anda yang menggunakan ATM CIMB Niaga, C8MB Clicks, Go Mobile. Bagi yang menggunakan ATM Bersama atau Prima, akan dikenakan charge sebesar 6.500 rupiah.
Sedangkan penggunaan dengan ATM lain seperti Mandiri, BCA, BNI adalah 9.000 rupiah dan pada Permata dan Danamon akan di-charge senilai 7.500 rupiah.

3. Biaya Penarikan Tunai
Untuk membantu Anda yang membutuhkan uang tunai dalam kondisi mendesak, menggunakan kartu kredit adalah solusi yang tepat dan cepat.
Adapun biaya yang dikenakan untuk transaksi tarik tunai ini sekitar 6% atau minimum fee 60 ribu - 300 ribu rupiah tergantung jenis kartu yang dipakai.


4. Biaya Keterlambatan Pembayaran (Late Charge)
Anda terlambat melakukan pembayaran tagihan? Biaya yang dikenakan adalah sebesar 3% dari total tagihan dengan nilai minimum adalah 75 ribu dan maksimal 150 ribu rupiah.
Agar terhindar dari biaya yang satu ini, sebisa mungkin untuk tidak menunda dan terlambat melakukan pembayaran tagihan, ya!

5. Biaya Kelebihan Pemakaian Kartu Kredit (Overlimit)
Ketika Anda secara tidak sadar telah melewati batas pemberian nilai kartu kredit, maka inilah yang disebut dengan overlimit. Pada saat overlimit ini, Anda pun akan dibebankan biaya atas kelebihan pemakaian kartu kredit ini.
Khusus untuk kartu kredit Classic, Gold, Affinity Gold, Affinity Platinum dan Wave n Go, biaya yang dikenakan sebesar 150 ribu rupiah. Selebihnya, wajib membayar 200 ribu rupiah.

6. Biaya Konversi
Pengenaan biaya konversi mata uang ini akan berlaku apabila Anda menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran ketika berada di luar negeri. Nilai konversi bergantung pada kurs mata uang asing pada saat itu. Pada umumnya, bank-bank penerbit akan mengenakan 1,.5 - 2,5 %

7. Biaya Pengiriman Billing/ Tagihan Cetak
Biaya untuk pengiriman billing atau cetak tagihan adalah 15 ribu kecuali jenis kartu kredit Ultimate, World, World Le Club AccorHotels, dan Infinite yang digratiskan.
Tagihan kartu kredit akan diterima setiap bulannya terhitung sejak sebulan setelah pengaktifan dan pemakaiannya. Biaya tagihan cetak ini biasanya akan diikuti tambahan biaya materai sebesar 6.000 rupiah.

8. Biaya Pergantian Kartu Kredit
Tidak perlu khawatir akan dikenakan biaya jika Anda ingin mengganti kartu kredit yang mengalami kerusakan maupun dengan alasan meng-upgrade atau mengganti jenisnya. Anda digratiskan untuk melakukannya 1 kali per tahun. Namun untuk tahun berikutnya baru akan dikenakan dengan kisaran 50 - 200 ribu rupiah.

9. Biaya Salinan Bukti Transaksi (Copy Sales Draft)
Tidak semua nasabah membutuhkan salinan bukti transaksi kartu kredit. Biasanya mereka membutuhkannya karena alasan tertentu. Atas permintaan nasabah ini kepada pihak bank, maka akan dikenakan biaya 40 - 80 ribu yang dilihat dari jenisnya.

10. Biaya Sms Notifikasi Transaksi
Agar jelas dan tidak ada indikasi digunakan oleh orang lain, sms notifikasi berguna untuk memberitahu transaksi yang terjadi. Untuk biaya sms notifikasi ini hanya sebesar 5 ribu rupiah pada seluruh jenis kartu kredit dari CIMB Niaga.

Menggunakan kartu kredit tak melulu soal fasilitas dan keuntungannya saja yang dirasakan. Dibalik itu, ada biaya yang harus dipenuhi sesuai dengan jenis penggunaannya. Oleh sebab itu, bijaklah dalam pemakaian fasilitas kartu kredit CIMB Niaga Anda agar tak dikenakan biaya tambahan yang berlebih.

Pastikanlah Anda mengetahui informasi kartu kredit yang ingin diambil secara lengkap dan jelas. Anda bisa mendapatkan segala informasi yang ingin diketahui dari https://www.cekaja.com/banks/cimb-niaga/kartu-kredit

Berbagai keunggulan, fitur, fasilitas, dan biaya apa saja yang dimiliki sebuah kartu kredit akan ditemui di cekaja.com ini. Anda pun akan lebih cermat memilih kartu kredit sebelum memilikinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar